Bogor, 17 Juli 2017 – Terhitung sejak mulai aktif kembali pasca libur lebaran, SPKS bekerjasama dengan WRI sudah melaksanakan kegiatan pelatihan terkait dengan pengelolaan kebun sesuai dengan praktik budidaya terbaik di perkebunan kelapa sawit yang dilaksanakan di Kabupaten Tandun, Rokan Hulu.

Perkebunan Kelapa Sawit rakyat swadaya memang belum disebutkan secara eksplisit di dalam program pembangunan di Kabupaten Rokan Hulu. Namun disadari sumbangan perekonomian masyarakat di desa sangat signifikan dari sektor perkebunan Kelapa Sawit. Adanya upaya masyarakat untuk membangun kebun swadaya tidak diimbangi dengan pengetahuan budidaya dari petani maupun adanya kesiapan pendamping. Kurangnya pendampingan dan pengetahuan petani didalam mengelola kebun mengakibatkan rendahnya produktifitas kebun yang dimiliki oleh petani swadaya.

Dari upaya peningkatan kapasitas petani terkait dengan pengelolaan kebun sesuai dengan praktek terbaik budidaya perkebunan maka menjadi penting dilakukan pelatihan kepada petani kelapa sawit. Mengingat jumlah petani di kabupaten Rokan Hulu secara khusus di Kecamtan Tandun terbilang banyak maka pelatihan ditahap awal dilakukan untuk mencetak kader tani yang akan mendampingi dan memberikan pendampingan kepada petani dilapangan. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada kader petani terkait pemahaman tentang perkebunan kelapa sawit berkelanjutan dan praktek budidaya pengelolaan kebun yang baik, peserta yang mengikuti pelatihan kedepannya dapat mentransformasikan ilmu yang diperoleh kepada petani yang lain di tingkat lapangan, peserta yang sudah dilatih kedepannya dapat melakukan pengorganisasian kelompok pelatihan dilapangan, dan petani kelapa sawit bisa mengelola kebun sesuai dengan GAP (Good Agricultutre Practices) dengan pendampingan dari kader petani yang sudah dilatih.

Pelaksanaan Training of Triner (ToT) yang bertempat di Hotel Sapadia Pasir Pangaraian, kabupaten Rokan Hulu ini dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap dalam kurun waktu selama 6 hari dengan waktu pelaksanaan gelombang pertama dilakanakan pada tanggal 10 – 12 Juli 2017 dan gelombang kedua dilaksanakan pada tanggal 13 – 15 Juli 2017.