Bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Siak melalui penyuluh perkebunan, Pemerintah Desa, dan kelompok-kelompok tani sawit, SPKS mengadakan Workshop Penumbuhan Kelembagaan Pekebun Mandiri. Workshop akan melibatkan pekebun sawit swadaya di dua desa, Desa Pencing Bekulo dan Desa Belutu Kecamatan Kandis Kab. Siak.
Workshop Kelembagaan ini akan dilaksanakan pada tanggal 18-19 April 2018 bertempat di Aula Desa Belutu Kabupaten Siak. tujuannya dari Workshop adalah :

  1. Untuk memberikan Pemahaman kepada pengurus kelompok tani dan Pengurus Koperasi di 2 desa yang sudah ada agar memperhatikan dapat memperbaiki tatakelola kelembagaan yang baik.
  2. Menawarkan kepada pengurus kelompok tani dan pengurus koperasi untuk SPKS memberikan pendampingan menuju penguatan dan perbaikan pengelolaa kelembagaan yang baik.

Catatan :
Workshop akan menghadirkan pemateri yang berasal dari :

  1. Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Siak, menyampaikan kebijakan pembangunan koperasi perkebunan di sektor sawit.
  2. Dinas Perkebunan Kabupaten Siak, menyampaikan kebijakan pemberdayaan dan pendampingan kelompok/lembaga pekebun kelapa sawit.
  3. Perusahaan Ivomas, menyampaikan peran serta perusahaan dalam pemberdayaan petani kelapa sawit untuk memenuhi aspek legalitas pasar.
  4. Asosiasi Amanah, membagi pengalaman dalam proses pembentukan Asosiasi Amanah hingga mendapatkan Sertifikasi RSPO dan ISPO serta sharing informasi terkait praktek budidaya perkebunan berkelanjutan.