Sebagai salah satu daerah penghasil kelapa sawit, Pemerintah Kabupaten Sekadau diharapkan memiliki peran penting dalam mendorong praktek pembanguna kelapa sawit berkelanjutan dan pemberdayan petani sawit. Sehingga untuk mencapai dan mewujudkan target tersebut diperlukan kolaborasi multistakeholder guna bekerjasama mengidentifikasi masalah dan mengatasi masalah untuk perkebunan sawit berklanjutan di kabupaten sekadau dan indonesia.

Pada bulan desember  2018,  SPKS menginisisi terbentunya Forum Sawit Berkelanjutan Kab. Sekadau dengan mempertemukan  multistakeholder sawit kabupaten sekadau yang terlibat diantaranya pemerintah daerah/dinas perkebunan, perwakilan perusahaan (PT. MPE, PT. AGRO ANDALAN, PT. BSL), perwakilan KUD, perwakilan petani sawit swadaya,  SPKS dan APKASINDO pada pertemuan ini bersepakat untuk membentuk Forum Sawit Berkelanjutan Kab. Sekadau.  Forum Sawit Berkelanjutan Kab. Sekadau agar ada kolaborasi nyata para pemangku kepentingan di sektor perkebunan untuk mencapai tujuan tatakelola perkebunan sawit berkelanjutan dan ada pemberdayaan petani sawit. Beberapa program yang disepakati/diusulkan bersama dalam rapat adalah (i) Petani di kabupaten sekadau dapat memiliki legalitas, (ii) Petani memiliki kelembagaan, (iii) Penguatan SDM petani, (iv) Akses market TBS petani, (v) kemitraan yang adil, (vi) mewujudkan praktek konservasi dikebun sawit. 

Sebagai tindak lanjut dari rapat pertama tahun 2018 maka diadakan kembali pertemuan yang di pimpin oleh  dinas kabupaten sekadau, beberapa agenda dalam pertemuan kedua tahun 2019 ini :    

  1. Presentasi hasil pertemuan multistekholders forum yang dilaksanakan tanggal 19 desember 2018;
  2. Pembentukan struktur Forum Sawit Berkelanjutan Kab. Sekadau yang akan dipimpin oleh dinas perkebunan kabupaten sekadau;
  3. Menyusun kegiatan lapangan  Forum Sawit Berkelanjutan K Sekadau.

 

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari, tanggal : Jumat/17 mei 2019, Jam : 08:30 – selesai bertempat di ruang rapat kantor dinas perkebunan kabupaten sekadau.

 

Info Lanjut :

Email : info.spksnasional@gmail.com