Undangan Konferensi Pers:  Hari Tani 24 September 2018 “Petani Masih Saja Sulit Walau Sejumlah Kebijakan Sawit Diluncurkan” Ke:Kini Ruang Bersama Jalan Cikini Raya No. 43/45 Cikini, Menteng, Jakarta Pusat I Senin, 24 September 2018 I Pukul 12.30 – 14.30 WIB

Dengan Hormat

Hari Tani yang biasa diperingati tiap 24 September, menjadi momentum untuk menguatkan lagi gerakan petani, terutama petani kelapa sawit. Hingga sekarang, Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) masih memperjuangkan penyelesaian masalah seperti petani dalam kawasan hutan, legalitas lahan, harga sawit yang anjlok, dan subsidi ke perusahaan sawit besar yang dianggap salah sasaran.

Dalam setahun terakhir ini, SPKS fokus pada masalah terakhir. Melalui petisi change.org/pedulipetanisawit, SPKS galang dukungan masyarakat agar Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) alihkan suntikan dana untuk perusahaan sawit ke petani. Petisi tersebut hingga kini sudah didukung hampir 70 ribu orang.

Saat ini, pemerintah belum memberi solusi terhadap permasalahan petani kelapa sawit dalam kawasan hutan. Petani kelapa sawit juga belum memperoleh sertifikat lahannya sebagaimana petani-petani di komoditas lainnya. Karenanya, SPKS juga mendesak agar Surat Tanda Daftar Budidaya (STDB) segera dijadikan sertifikat lahan untuk mempercepat proses yang sangat lambat oleh kementerian ATR-BPN.

Selain masalah di atas, SPKS juga mencatat masalah penurunan harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit sejak Juni 2018 yang mencapai harga terendah sebesar Rp 500 – Rp 1.050 per kg. Kondisi ini dinilai akibat belum diaturnya skema pembelian TBS antara petani kelapa sawit mandiri dan perusahaan sebagai pembeli TBS. SPKS melihat, perusahaan sewenang-wenang menetapkan harga pembelian di tingkat pabrik dan pemerintah tidak pernah melakukan pengawasan terhadap pembelian yang dilakukan oleh tengkulak yang bekerja sama dengan
pabrik. Kurang lebih 32% petani mandiri menjual ke tengkulak hingga saat ini.

Untuk membahas permasalahan di kalangan petani sawit, SPKS mengundang Teman-Teman Media dan Pengiat Sawit hadir pada konferensi pers dengan tema “Petani sawit makin sulit sejahtera dan berkelanjutan” yang akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal                  : Senin, 24 September 2018

Waktu                             : Pukul 12.30 – 14.30 WIB

Tempat                            : Ke:Kini Ruang Bersama Jalan Cikini Raya No. 43/45 Cikini, Menteng, Jakarta PusatNara Sumber                           : 1. Viva Yoga Mauladi – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI

                                            2. Mansuetus Darto – Ketua SPKs

                                           3. Valens Andi – Petani Sawit Sanggau

Kami sangat mengharapkan kehadiran teman-teman media, mohon untuk dapat mengkonfirmasi kehadirannya kepada Sabarudin (sabarudin.spks@gmail.com).

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat Kami

Mansuetus Darto

Ketua Serikat Petani Kelapa Sawit