Program biodiesel/B20 yang diterapkan pemerintah sejak 2015 tidak berdampak positif pada harga tandan buah segar (TBS) petani sawit. Bahkan, sepanjang 2015-2019 petani mengalami penurunan tajam harga TBS akibat pungutan sawit yang dilakukan Badan Pengelola Dana Perkebunan. 

(BPDP-Sawit). Sebagai informasi, harga TBS di tingkat petani di beberapa daerah seperti Kalimantan Timur, Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat saat ini hanya di kisaran Rp600-800 per kilogram.

Pungutan BPDP-Sawit kepada petani tersebut dilakukan dengan dalih sebagai insentif mandatori biodiesel. Sepanjang 2015-2019, total pungutan yang sudah dilakukan BPDP mencapai Rp38,7 triliun dengan rata-rata insentif mencapai Rp7-8 trilin per tahun. Sementara alokasi untuk petani kelapa sawit sangat sedikit. Tidak heran, jika capaian untuk peremajaan sawit yang didukung oleh BPDP-KS hanya sekitar 50 Koperasi saja dengan jumlah 15.000 ha dari target 185.000 ha. Berdasarkan kajian yang dilakukan SPKS, pungutan BPDP-KS ini telah merugikan petani dengan mengurangi sekitar Rp. 125/kg dari produksi TBS petani. 

Menyikapi hal tersebut, Jaringan Organisasi Petani Kelapa Sawit Indonesia yang terdiri dari Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS), Sawitku Masa Depanku (SAMADE), Asosiasi Petani Kelapa Sawit PIR (ASPEKPIR) dan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) bermaksud mengadakan diskusi bersama para petani sawit dari tiga wilayah penghasil sawit, yakni Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat dengan tema “Alokasi dana SAWIT SalahKaprah: Biodiesel atau Petani?

Diskusi akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal            : Jumat, 28 Juni 2019

Jam                             :10.00 – 12.00 WIB

Tempat                      :KeKiniJakarta, Jalan Cikini Raya No 45, Cikini, Jakarta Pusat

Pemantik diskusi oleh Mansuetus Darto, Sekjen SPKS

Pembicara :  (1) Ir Gamal Nasir, Pembina ASPEKPIR/ Tokoh Petani Sawit, (2) Setiono, Ketua Umum Aspekpir Indonesia, (3) Pahala Sibuea, Wakil Ketua Umum Samade, (4) Alvian Arahman, Ketua Umum Apkasindo, dan (5) Perwakilan Petani Sawit anggota SPKS, Jambi, Riau, Kalbar.

Kontak  Media :

Sekretariat Nasional SPKS Perumahan Bogor Baru Blok A5 No.17,
Kota Bogor – Jawa Barat
Tel: 0251-8571263
Email : info.spksnasional@gmail.com
Website: www.spks.or.id