ROHUL – Belum lama ini Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) Kabupaten Rokan Hulu menggelar pertemuan Focus Group Discussion (FGD), forum multistakerholder perkebunan sawit berkelanjutan,  FGD ini dibuka oleh Asisten III Dipendri di salah satu hotel di Pasir Pengaraian. FGD ini melibatkan unsur pemerintahan, SKPD, dan perusahaan kelapa sawit.

Ketua SPKS Rohul, Yusro Padly menjelaskan, tujuan forum multistakerholder ini terutama hendak mendorong satu visi terkait pengembangan kelapa sawit di Rohul, terlebih Rokan Hulu merupakan kabupaten yang paling luas memiliki perkebunan sawit di Indonesia. Tercatat luas perkebunan kelapa sawit di Rohul mencapai sekitar 530 ribu ha, baik dikelola petani maupun perusahaan.

Lebih lanjut kata Padly, Rokan Hulu pula merupakan kabupaten pertama yang menindak lanjuti Inpres No. 6 tahun 2019 tentang Rencana Aksi Nasional-Kelapa Sawit berkelanjutan (RAN-KSB) di Indonesia.

“Harapan saya perluasan lahan sawit dihentikan, namun kedepan lebih pada meningkatkan produktivitas kebun untuk mendongkrak hasilnya,” tandas dia.

 

Sumber : https://www.infosawit.com/news/9564/samakan-visi-pengembangan-sawit–spks-rohul-gelar-fgd