PARINDU, BRP – PSL ( Pelatih Sawit Lestari ) Kabupaten Sanggau kembali mengadakan pelatihan untuk petani sawit swadaya mandiri di Di Dusun Nala Desa Embala Kecamatan Parindu (3/8/2017).

Pelatihan kali ini menggunakan metode diskusi tentang pembibitan, pemeliharaan, pemupukan, dan pemanenan kelapa sawit. Kegiatan ini diperuntukan bagi petani yang lahannya telah dipetakan oleh SPKS ( Sarikat Petani Kelapa Sawit) yang ada di Dusun Nala dan dihadiri oleh 15 Petani.

“ Ada tiga desa lagi yang kita targetkan dalam waktu dekat, tinggal menunggu jadwal dari desa yang bersangkutan,”ungkap Darius Ketua SPKS Kabupaten Sanggau selaku pendamping PSL.

PSL bertujuan meningkatkan meningkatkan kapasitas petani kecil dan mendorong petani untuk mengikuti praktek minyak sawit berkelanjutan di Indonesia.

“ Harapan petani swadaya ke depan adalah membentuk kelompok tani kemudian mendirikan lembaga atau koperasi yang bisa menaungi petani swadaya dalam hal penjualan TBS “ tambah Fransiskus selaku pendamping PSL yang menjabat sebagai sekretaris SPKS Kabupaten Sanggau. (Teodorus Kurniawan)

Sumber :http://www.betangrayapost.com/2017/08/psl-latih-petani-sawit-mandiri-di-desa.html