Sanggau – Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, bertemu langsung dengan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan  pada pertemuan ini dibahas terkait kesepahaman bersama pendampingan petani sawit, untuk peningkatan kapasitas budidaya sawit berkelanjutan dan pendampingan program peremajaan sawit rakayat (PSR).

Dengan adanya kesepahan bersama ini diharapkan : pertama, sebagai landasan bersama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau dengan SPKS untuk mendukung visi perkebunan Kabupaten Sanggau. Kedua, agar ada kerjasama yang terkoordinasi dan mensinergikan sumber daya antara Pemerintah Kabupaten Sanggau dan SPKS dalam rangka melakukan berbagai aktivitas sebagai upaya meningkatkan produksi kelapa sawit yang berkelanjutan di level Petani Kelapa Sawit.

Beberapa kerja bersama yang segera dilakukan diantaranya adalah pertama sosialisasi dan melengkapi data petani untuk Peremajaan Sawit Rakyat target tahun 2019-202, kedua, Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) petani melalui pelatihan petani sebagai upaya meningkatkan produktivitas petani swadaya di Kabupaten Sanggau, ketiga, Mendorong terbentunya Multi Stakeholder Forum sebagai forum bersama pelaku sawit di Kabupaten Sanggau mulai dari perusahaan, asosiasi petani/Koperasi dan pemerintah agar ada tata kelola perkebunan sawit berkelanjutan dan ada pemberdayaan bagi petani sawit.

Syafriansyah, SP, MM, Kepala Dinas perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau, dalam penyampainya sangat mendukung upaya yang terus dilakukan oleh semua pihak termasuk SPKS Kab. Sanggau dalam melakukan pendampingan kepada petani sawit, terkait dengan program PSR dibutuhkan kerja bersama untuk mensukseskan program pemerintah ini.